Sastra Cina

Gila… ga kerasa gw udah tinggal skripsi di jurusan tercinta gw ini, kayaknya baru kemaren gw masuk di sini, belajar mati-matian ngapalin hanzi-hanzi itu dan sekarang tanpa disadari gw dah mau lulus.

Sejak jaman gw SMA dan mungkin ampe sekarang banyak orang bilang kalo masuk Sastra itu sama aja ngeles. Well, setelah gw masuk sini semua kesan itu sirnah soalnya apa yang dipelajari di sini amat sangat jauh dari apa yang diajarin di les. Prinsip di sini tuh bahasa sebagai tumpuan awal untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Bahasa harus bisa, tapi juga ditambah lagi dengan mempelajari bidang-bidang tambahannya. Selain belajar bahasa kita-kita ini juga diajarin sejarah, budaya, sastra, linguistik, filsafat bahkan ampe ke sosial-politik dan kemasyarakatan dari negara Cina itu sendiri. Apa yang didapet lebih mendalam dan luas dari sekedar cuman dapet bahasanya aja. Semuanya lengkap dan top banged. Susah ? Nggak lah ya… kita bakal diajarin tahap demi tahap. Dari segi bahasapun gitu, ga punya dasar sama sekali ato bisa sedikit aja, Semua yang masuk sini bakal dipoles dari yang bener-bener buta jadi bisa baca dan nulis dengan bagus. Semua anak diajarin dari mulai cara baca ji, chi, zhi, ri sampe ke nulis hanzi yang amat sangat kompleks, malahan rata-rata dosen bilang kalo ga punya dasar malah lebih bagus, jadi gampang dibentuknya. Kalo soal lulusannya sih ga usah ditanya… lulusan sini punya masa depan yang cerah. Kalo ditanya kerja jadi apa ? Itu tergantung, apakah orang itu cuman mengandalkan dari segi bahasanya saja atau menyerap ilmu lainnya tapi pada dasarnya masuk sastra itu kesempatan kerjanya luaaaaaaasssss banged… Mulai dari guru dan dosen sampe bikin buku sampe ke interpreter semua bisa dan kalo ntu orang bisa manfaatin bidang lainnya misalkan ekonomi, dia bisa aja jadi seorang konsultan perusahaan Cina atau yang memanfaatkan bahasa mandarin itu sendiri.. soo dari segi pekerjaan ga bakal kehabisan tuuhhh… Kalo emang lagi nganggur ato mo ngasah kemampuan, tinggal ngajar dehh :)

Jadi jangan ragu lagi kalo emang mau masuk sastra Cina (tidak ada kesalahan penyebutan, memang Sastra Cina, bukan Sastra China, Sastra Tionghoa atau Sastra Mandarin) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, karena masuknya ga usah pake dasar, keluarnya jadi oke :)

Ada pertanyaan ? :P

Dengan kaitkata , , , , , , , , ,

15 thoughts on “Sastra Cina

  1. Raisya mengatakan:

    Cieeee..ka aji promosiiiii uyyy..hehe

  2. gayatri mengatakan:

    saya maba sastra cina ui 2010 kak.
    makasi infonya, cukup mencerahkan dan mantepin hati pasca saya ikut ujian masuk bersama dan milih sastra cina. hooho. makasi kak :)

  3. BONAMANA mengatakan:

    klo sastra china di Binus OK ga sih???

  4. dita marsiana mengatakan:

    kak, saya juga zhongwexi benke maranatha bandung..
    sy uda mau menuju skripsi, skg lg sem6

    bisa cerita2 ga kak kiat2 supaya kita banyak ide untuk skripsi?
    sy ambil ttg budaya dan linguistik *sastra nya ga sy ambil hehehhe

    sapa tau aja cerita kakak bisa makin membuka lebar mata saya mengenai skripsi dll..hehehehe

  5. Fahrana mengatakan:

    Wah. makasih banget nih. tulisan di blog ini bikin saya lebih tenang. Soalnya, saya ini murid kls 3 sma yang mau jadi calon mahasiswi. Barusan, saya milih jurusan buat snmptn. Dan milih Sastra cina di pilihan pertama atas saran ortu, sosiologi di pilihan kedua. Karena saya lebih mengejar UI daripada jurusan, saya nurut aja. Tapi sebenernya bingung. Karena saya buta sama yang namanya bahasa cina dan yang berhubungan sama itu. Makasih banyak

  6. swizeus mengatakan:

    Wah, banyak tanggapan…. :)

  7. artarelia mengatakan:

    kaa saya mau tanya dong. kalo dah masuk sastra cina. kita di ajarin kebudayaan ny juga ga?
    kka sendiri kuliah di univ ap ya?makasih…

  8. winda wahyuni mengatakan:

    ceritanya jadi memotivasi saya, saya jadi yakin mau masuk sastra cina :)
    xiexie nin!

  9. swizeus mengatakan:

    senangnya bisa memotivasi :)

  10. anastasya mengatakan:

    kak sy senang masuk sastra cina. skrg sy udh smstr 7 tp sy lg bingung mau cari judul apa.kira2 ada solusi gk kak untuk mempermudah sy mencari judul.

  11. swizeus mengatakan:

    Bisa mulai dari yang disenengin. Budaya, sejarah, linguistik ? nanti tinggal cari yang menarik. Misalnya kalau budaya, pemakaian alat musik 古筝 dalam budaya Cina jaman dinasti. Kalau sejarah bisa cari satu event, Cina modern atau Cina dinasti…

  12. Nheea wang mengatakan:

    saya juga dah semester 7 nih, lagi cari judul yang cocok, tapi kebanyakan pasti dah pada ada, terus sekarang bingun mo pilih judul apa, tolong berikan masukan dong, judul apa yang bagus. thank’s

    • swizeus mengatakan:

      cari judul yang cocok tergantung mau menulis tentang apa… kadang bisa ambil dari yang kecil, pemakaian de, pemakaian kata petunjuk arah, pemakaian kata sambung… itu dari sisi bahasanya… bisa juga bahas budaya, pemakaian kata-kata di internet untuk orang Cina sana, kan ada tuh istilah 木有 atau kata baru tuh duang. Bisa juga sejarah, ambil potongan sejarah yang menarik. Jaman Long March Mao Zedong, perang candu I, perang candu II. Kisah Cheng Ho dan legitimasi kekaisaran Cina, atau telaah puisi, sekarang siapa puisi penulis puisi modern, ada karya nya yang menarik ga. Waktu itu ada malah ada yang meneliti soal lirik lagunya Jay Chou, karena ternyata setelah diteliti seperti puisi jaman dulu.. Masih banyak yang bisa ditelaah. Bisa juga dari kehidupan sehari-hari, harus terus bertanya mengapa, kok begini dan seterusnya… itu bisa jadi bahan penelitian, dan kalau yang mau diteliti ternyata orang lain sudah buat, bisa jadi diperdalam, atau cari bahan yang lebih baru lagi untuk melengkapi sisi yang belum ada di penelitian sebelumnya… 加油咯,慢慢就成功

  13. Sarah (@sarah_nitaa) mengatakan:

    kak, aku mau masuk sastra cina di luar negri. baiknya di Taiwan/ di China?
    dan 1 lg, sbnrny bahasa dan budaya yang dipelajari dari segi hanzi dan pinyin itu mandarin simplified atau traditional yah?
    thankyouuuuu

    • swizeus mengatakan:

      China dan Taiwan sama baiknya, tapi lebih banyak dipakai simplified. Biasa kalau soal kuliah di luar negeri tergantung kemampuan finansial, apakah ada saudara/teman di tempat tujuan dan universitas mana yang dituju. Kalau soal beasiswa aku lebih paham dari cina, dan lebih gampang dapatnya. Soal simplified atau tradisional, sebagai yang belajar sastra Cina harus paham dua-duanya. Bagaimana pembentukan katanya, komponen apa yang menghilang atau berubah ketika disederhanakan.

      Simplified itu baru ada tahun 1970an, kalau mau mempelajari budaya sebelum tahun itu tentu memakai hanzi tradisional. Ketika membedah tulisan jaman dinasti, bukan saja hanzinya yang berbeda tapi tata bahasa nya juga berbeda, apalagi kalau ditarik lagi ke belakang jaman konfusius, tapi memang perlu diingat, bahasa itu hanya sebagai dasar, dasar mempelajari budaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: