Beijing : Ke Asrama

Oke, setelah terakhir gw post tentang gw berangkat ke Beijing, 10 jam setelah gw post itu sampailah gw di Ibukota China. Walaupun waktu itu (27 Feb 2013) sudah mulai musim semi (春节) tapi tetep aja dingin banget kalau malem-malem. Gw dengan santainya pake kaos, sweater rada tipis, celana panjang dan sendal tanpa pakai kaos kaki. Penerbangannya itu sendiri dari Soetta Jakarta – Baiyun Guangzhou – Beijing International Airport.

Di jakarta sih pastinya amat sangat normal pake pakaian seperti itu. Malahan itu bisa dibilang ekstra karena pakai sweater segala. Pas landing di Guangzhou mulailah berubah. Tapi ajaibnya tahun ini malah berubah jadi lebih panas dari di Soetta. Entah gimana pas ambil bagagge ruangannya rada panas.

Setelah menambah perjalanan 4 jam lagi sampai deh di Beijing International Airport sekitar pukul 09:00 malem waktu setempat. Mulai deh dingin merasuk tubuh dan yang lebih bikin komplit lagi pesawatnya ternyata ga merapat ke terminal. Ternyata berhenti di tengah-tengah gitu dan kita semua turun dan naik bis ke terminal. Widih, baru berasa yang namanya udara dingin kayak apa. Walaupun masih santai dan ‘cool’ karena memang baru berasa dingin sebentar sampai ada orang lokal nanya ‘Nggak dingin ?’ (不冷?) dengan aksen khas beijing yang pakai ‘er’ di belakangnya.

Tadinya berhubung gw udah ada temen jadi niatan pake ditie (地铁) alias kereta bawah tanah buat sampe ke kampus. Tapi, mempertimbangkan dinginnya dan barang bawaan berdua yang sampai 50 Kg itu akhirnya diputuskan kita naik taksi aja deh. Memang pastinya uang yang harus dirogoh lebih banyak. 地铁 dari airport ke asrama paling 15 yuan, kalau pakai taksi ternyata totalnya 75 yuan. Jauh ya ! Tapi ya jam 10 malam dengan barang bawaan yang begitu riskan juga harus narik-narik koper 5-10 menit dari stasiun kereta ke asrama.

Btw, tempat gw belajar di sini namanya Beijing Open University (北京广播电视大学). Websitenya http://hjzx.btvu.org/ . Pas sampe di asrama ternyata not bad lah. Seinget gw ini masih asrama terbaik yang pernah gw liat di China.

BJOU Logo
Logo BJOU

Kebetulan gw ambil kamar sendiri jadi bisa bebas ngapa-ngapain sendiri :D Kamarnya bisa dibilang terhitung sempit tapi masih oke lah. Memang bakal ngapain juga sih di kamar. Untuk fasilitas sih oke banget. Internet, TV, Air panas, bathtub, kasur springbed. Dijamin kalau udara udah makin anget jadi males keluar kasur :P

IMG-20130227-00043

IMG-20130228-00045

Inilah tempat tinggal yang bakal gw tempatin selama setahun ini. Selama gw belajar bahasa di sini. Ada yang berminat ? :) Silakan diliat websitenya atau bisa tanya-tanya ke yang namanya Ms. Anita Wijaya: +8613691259692 (Indonesian)

Dengan kaitkata , , , , , , , ,

One thought on “Beijing : Ke Asrama

  1. silma mengatakan:

    waahh krenn. aku 2013 baru masuk sastra cina USU hihi semoga bisa kaya kamu yah.. :)

Tinggalkan Balasan

