11 Hal yang saya harap setiap orang tua tahu

11 Hal yang saya harap setiap orang tua tahu

Diterjemahkan dari artikel : 11 Things I Wish Every Parent Knew
Artikel Asli : www.mindbodygreen.com/0-10250/11-things-i-wish-every-parent-knew.html

FatherAndSonPlayingOnPath900-850x400

Setelah 25 tahun membuka praktek anak, dan merawat ribuan anak, Saya melihat sebuah pola yang menawarkan saya sebuah visi kesehatan yang lebih dalam. Berikut adalah beberapa pelajaran yang tidak ternilai :

1. Pertumbuhan dan perkembangan bukan merupakan sebuah balapan

Akhir-akhir ini kita diburu-buru untuk segera menjadi besar. Dalam dunia yang serba cepat dan efisien, yang ditandai dengan mekanisasi dan post-industrialisasi, kita lupa bahwa kehidupan merupakan proses pendewasaan. Untuk mendapatkan buah yang baik, anda harus memupuk akar yang kuat. Perhatikan lahan yang mendukung hidup anakmu : Berjalanlah dengan anak, makan dengan anak, bermain bersama, ceritakan pengalamanmu kepadanya sebagai anak.

2. Membuat tradisi keluarga memperkuat akar dan hidup yang sehat

Ini memerlukan waktu dan kebiasaan. tradisi perorangan merupakan sesuatu yang sakral karena mengedepankan pertukaran yang memperkuat ikatan cinta dan keintiman serta membuat sebuah keyakinan yang akan membawa anak menjalani hidupnya di dunia.

3. Kita tumbuh dalam siklus

Ada sebuah ritme dan detak dalam sebuah hidup anak — kadangkala cepat dan bersemangat, kadang pelan dan tak bersuara. Sama seperti setiap musim semi membawa perasaan baru pengapresiasian hidup, setiap tahap kehidupan anak adalah waktu untuk menjelajah dan mengagumi. Bagaimanapun juga, belajar bukan hanya proses mengumpulkan informasi. Belajar merupakan proses mengubah ide kita dan kadangkala ini membutuhkan daya melupakan dalam rangka melihat sesuatu yang baru. Beberapa anak butuh untuk melangkah mundur sebelum membuat lompatan besar ke depan

Tumbuh dalam siklus berarti kita tidak hanya mendapatkan satu kesempatan untuk memelajari sesuatu. Kita dapat menemui pelajaran yang sama ketika kita menjalani hidup kita. Ada sebuah maaf yang mendalam ketika kita memahami masa kecil yang seperti ini. Cara seperti ini dapat menghilangkan beban orang tua ketika diharuskan untuk selalu benar walaupun itu pertama kalinya.

4.Memberikan dorongan tidak sama dengan memanjakan

Kita bukan menjalankan bisnis untuk menumbuhkan seorang raja dan ratu kecil. Raja tidak diterima dengan baik di masyarakat kita. Riset menunjukkan memanjakan sebetulnya melemahkan kekuatan seorang anak untuk bertahan, menurunkan motivasi dan menghilangkan keinginan untuk sukses.

Memberikan dorongan berarti memberikan keberanian kepada anak, bukan mengerjakan segala sesuatu untuknya. Membuat sebuah konteks mendukung yang akan membuka jalan tanpa harus mendesak sang anak ke jalan itu. Cinta tanpa syarat merupakan alat yang mendorong anak untuk mengambil kesempatan, untuk bereksperimen dan untuk gagal tanpa merasa dihakimi. Kadangkala untuk menjadi sosok pendorong dalam sebuah kehidupan anak adalah dengan berdiri agak jauh ke belakang, untuk memberikan pertolongan yang menghibur ketika diperlukan, tetapi mempercayai kemampuannya.

Ada ruang dalam rangka mendorong anak tetapi memanjakan tidak sama. Memanjakan membatasi kebebasan dengan memperbesar hak dan mengurangi kesabaran yang diperlukan untuk melewati hambatan ketika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan secara instan. Memanjakan berujung pada pemikiran yang dangkal.

5. ‘Menekan tombol’ merupakan sebuah praktek spiritual dan anak-anak merupakan guru spiritual kita

Anda tidak memerlukan sebuah retreat spiritual yang mahal untuk dicerahkan. Guru kecil Anda ada di depan Anda, menawarkan kebijaksanaan sejati secara gratis

Anak-anak memantau setiap pergerakan kita ketika mereka kecil, memelajari setiap tindakan kita yang tidak konsekuen sambil mereka mencari cara memahami dunia yang gila ini. dan ketika mereka memanggil Anda, ketika anak-anak itu menekan tombol, ingatlah : Andalah tombol mereka. Ambil waktu untuk mendengarkan apa yang ingin anak Anda ajarkan. Salah satu rahasia menjadi orangtua adalah kesediaan kita untuk mengubah diri kita sendiri berdasakan kasih untuk anak-anak. Ketika Anda melihat tombol Anda, Anda membuka diri kepada ksadaran yang lebih mendalam yang mengubah Anda dan anak.

6. Gejala adalah cara tubuh untuk memberitahu kita bahwa sesuatu harus berubah

Obat yang baik menanyakan apa yang ingin dicapai oleh sang gejala ? bukannya malah menekan gejala itu. Tubuh kita mempunyai kepintarannya sendiri tapi banyak iklan farmasi yang ingin meyakinkan kita bahwa sesuatu yang salah untuk merasakan sebuah gejala. Banyak pelatihan medis difokuskan untuk menghilangkan gelajar seakan merekalah masalahnya (Ini sama seperti memberitahu badan untuk diam. sesuatu yang kasar !) kita tidak mempercayai kepintaran tubuh. Kita berpikir terlalu banyak dan cenderung untuk takut kepada perasaan di tubuh kita

Tapi anak-anak mengajarkan saya bahwa gejala seperti demam sebetulnya bukan masalahnya. Apapun yang menyebabkan demam mungkin sebuah masalah, tapi temperatur merupakan sebuah cara badan untuk berurusan dengan apa yang terjadi.

Sebagai contoh, seorang anak yang mengalami demam. Gejala apa lagi yang ada pada anak ? Jika ia masih riang, mungkin Anda tidak perlu untuk mengurangi demamnya. Itu artinya badan mencoba untuk meningkatkan metabolismenya untuk menggerakkan sistem imun. Untuk membantunya, Anda dapat memberikan sesuatu yang hangat (bukan dingin) agar tidak berhenti dan makanan bergizi seperti sup untuk terus memberikan kekuatan.

7. Bersiaplah

Satu kata yang tetap teringat dari motto ‘The Eagle Scout’ sejak saya kecil yaitu Bersiaplah. Ini merupakan sebuah keadaan siap yang dimotori oleh kepercayaan diri atau ketakutan.

Akhir-akhir ini saya menjalankan apa yang saya sebut ‘Obat Persiapan’ daripada obat pencegahan, jadi menjadi sakit bukanlah dilihat sebagai kegagalan. Menjadi sehat bukan berarti tidak pernah sakit. Hidup merupakan seuah perjalanan baik dan buruk. Seorang anak yang sedang bertumbuh hidup dalam sebuah keadaan yang terus berubah. Sebuah sistem imun yang baik adalah dengan belajar bagaimana menjadi sakit dan sembuh. Hidup terlalu bersih dapat menghilangkan informasi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dapat pulih.

Daripada hidup dalam ketakutan karena sakit penyakit, ada beberapa cara alami untuk dapat mendukung anak pulih dari sakitnya secara cepat dan efisien: nutrisi yang baik, cukup cairan, probiotik, istirahat dan gerak badan. Apa yang paling penting ? Daripada fokus pada seberapa sering anak Anda menjadi sakit, rayakan seberapa sering ia sehat.

8. Kesembuhan memerlukan waktu

Pengobatan alternatif yang saya jalankan akhir-akhir ini adalah mengambil waktu. Sebagai sebuah masyarakat, kita kecanduan untuk membetulkan secara cepat karena kita tidak mempunyai waktu untuk sakit. Sebagai seorang dokter, saya dilatih untuk menjadi seperti seorang pemadam kebakaran yang handal, yang menyelesaikan keadaan darurat secara cepat dan efisien.

Dalam keadaan darurat, obat yang kuat seringkali diperlukan untuk menyelamatkan nyawa tapi kebanyakan maslaah kesehatan masa anak-anak bukanlah sebuah keadaan darurat. Dala hal itu, diperlukan sesuatu yang lebih kuat dari obat; penyembuhan memerlukan waktu. Saya menyadari bahwa mengambil cuti dari pekerjaan karena anak dipulangkan dari sekolah karena hidung berdarah dapat menambah stress dalam kehidupan yang sudah stress ini. Tapi anak-anak juga mengajarkan saya bahwa penyembuhan adalah sebuah proses perkembangan yang juga memiliki tahapan.

Ketika kita tidak mengambil waktu untuk penyembuhan, kita telah merampas tahapan yang dibutuhkan anak kita untuk belajar mengembangkan kesehatan jangka-panjang. Ketika kita mengambil waktu untuk penyembuhan, penyakit merupakan sebuah perjalanan, bukan tujuan; kita mulai melihat kesehatan dan penyakit kita merupakan dua sisi dari koin yang sama.

9. Rahasia dari kehidupan adalah dengan merelakan

Salah satu hal penting yang saya ajarkan pada orangtua baru adalah dengan memercayai diri mereka sendiri. Tidak ada yang lebih mendebarkan selain ketika bayi yang datang di kehidupan kita. Kita dituntut untuk tahu semua hal dan kita merasa tidak tahu apa-apa. Tetapi anak-anka mengajarkan saya bahwa hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan untuk menunjukkan kekuatan intuisi kita.

Patut diingat, menjadi orangtua dimulai dengan mendengarkan kehidupan anakmu dengan hati terbuka tanpa menjadi takut atau panik. Studi menunjukkan bahwa intuisi seorang ibu lebih kuat dari tes laboratorium manapun ketika menyelesaikan masalah. Sayangnya, saat ini kita dibanjiri dengan begitu banyak informasi menakutkan yang dapat mengganggu kemampuan kita untuk mendengarkan intuisi kita (Bayangkan arogansi dokter ketika ia mengenal anakmu lebih baik dari dirimu sendiri)

Ambillah hikmah dari bayimu. Lihatlah ke dalam matanya. Bayangkan apa yang dirasakan ketika hadir dalam dunia sebelum mengenal bahasa, sebelum semua label yang menakutkan kita dan mengkotak-kotakkan kita menjadi baik dan buruk, benar dan salah. Bayi tidak memiliki musuh. Ini melihat dari sumbernya. Inilah apa yang disebut Buddha Zen sebagai “Pikiran awal”. Perhatikan dengan seksama bahgaimana bayimu bernapas dengan perutnya. Ini merupakan pernapasan Qigong. Berhentilah berpikir untuk sesaat dan cobalah bernapas seperti ini. Mungkin Anda dapat menemukan jawaban yang Anda butuhkan di sana

11. Lihatlah jauh ke depan (Karena sangat mudah untuk terperangkap pada masalah yang ada, terutama jam 2 pagi)

Melihat ribuan anak tumbuh menjadi dewasa, apa yang menjadi masalah ketika umur 4 bulan, ketika ia berumur 14 tahun hanyalah menjadi sebuah kerikil kecil. Anak-anak telah mengajarkan saya bahaimana cara melihat dengan cara pandang kehidupan yang jauh ke depan. Ketika kita melangkah mundur dan melihat gambaran besar dalam hidup kita, kita menemukan kebijaksanaan dan cinta kasih.

Dengan kaitkata , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: