Beihang University (北京航空航天大学) dan Educational Economics and Management (教育经济与管理)

Setelah 3 bulan saya masuk kuliah di Beihang University, Beijing dan melihat kembali apa yang sudah saya pelajari, inilah pengalaman saya :

Ternyata jurusan yang sama ambil bernama Educational Economics and Management (教育经济与管理) dengan universitasnya Beihang University (北京航空航天大学) yang masuk pada daftar 985 dan 211 (top 25 University dan top 100 University di Cina). Universitas Beihang dulunya merupakan universitas spesialis aeronautics dan austronautics (sampai sekarang sih masih) cuma sekarang menjadi universitas komprehensif alias semua jurusan ada.

Jurusan yang saya ambil dalam rangka S2 ini terbilang Unik. Mengapa ? Karena Educational Economics and Management ini (selanjutnya disebut EEM) berada di bawah departemen Humaniora tetapi pada daftar specialty Beihang masuk dalam Management Science. Lebih ajaibnya lagi, jurusan ini merupakan 1 dari 2 jurusan yang menggunakan bahasa mandarin sebagai bahasa pengantar. Satu jurusan lainnya yaitu Administration Management (行政管理). Telusur punya telusur, ternyata Beihang baru tahun kedua membuka diri untuk mahasiswa asing, walaupun jumlah mahasiswa asingnya terbilang cukup banyak juga, di angka 1000an mahasiswa untuk tahun ini. Karena jumlah mahasiswa asing yang masih sedikit itulah yang menyebabkan kenyataan ternyata di jurusan ini hanya ada 2 mahasiswa asing yang masih kuliah dan dua-duanya dari Jepang, yang notabene mempunyai karakter huruf yang sama membuat mereka lebih mudah menempuh pendidikan di jurusan ini. Tahun ini baru ada 4 ‘mahluk asing’ di jurusan saya ini, Selain 2 orang Jepang, ada saya dan satu lagi dari Thailand.

Sedikit info, Universitas di Cina berlomba-lomba menerima mahasiswa asing dalam rangka menerima dana pendidikan dari pemerintah. Baru 2 tahun dan 5 mahasiswa asing di departemen (1 lagi yang saya tahu dari Kazakhstan karena ujian tesis sudah tahun kedua) sudah ada komputer dengan layar lebar (seperti papan tulis) untuk meningkatkan proses belajar mengajar, banyak yang bilang ternyata fasilitas itu baru ada tahun ajaran baru (alias september ini baru ditambah), belum peningkatan di banyak sisi lainnya.

Sistem S2 di sini agak berbeda dari sistem pendidikan di Indonesia. 1 SKS menurut aturan Beihang adalah 18 jam per semester, biasanya setiap pertemuan diadakan 2 jam atau terkadang per topik yang diinginkan dosen (kalau topiknya selesai dibahas dalam waktu 4 jam, ya nasib mahasiswa, hahaha…). Mata kuliah utama ada 2-3 mata kuliah dengan bobot 3 SKS. Total yang harus diambil untuk lulus S2 adalah minimal 30 SKS (termasuk tesis). Dengan aturan 18 jam tiap sks, perkuliahan bisa selesai sebelum semester berakhir.

Keunikan lain dari jurusan EEM ini yaitu namanya sendiri. Sebetulnya ini adalah jurusan pengajaran yang diubah namanya supaya mempunyai daya tarik untuk mahasiswa asing atau mungkin karena ada tambahan dosen yang memungkinkan jurusan ini dibuka. Karena memang dosennya sendiri mengakui, pembukaan jurusan seiring kemampuan dosen yang mengajar.

Mata kuliah wajib di sini antara lain Introduction to China (中国概况) dan kewajiban mengambil Chinese I dan Chinese II (masing-masing 1 SKS) bagi yang pada awal mulai semester tidak lulus tes bahasa mandarin (untungnya saya lulus), tesnya semodel HSK tanpa 听力

Yang menakjubkan untuk universitas di Cina, semua universitas mempunyai beberapa kompleks asrama untuk tempat tinggal mahasiswanya. Beihang sendiri minimal mempunyai 3 kompleks asrama untuk semua mahasiswanya dengan masing-masing kompleks di kisaran 10 gedung. Belum lagi ada satu kompleks yang diperuntukkan bagi tempat tinggal para profesor.

Dengan kaitkata , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: